Sunday, May 19, 2013

Jadwal Pengumuman UN SMA 2013

0 comments
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh memastikan, Ujian Nasional (UN) di 11 provinsi di wilayah Indonesia tengah dilaksanakan mulai Kamis (18/04) sampai dengan Selasa (22/04). Walaupun UN SMA/MA terkesan tidak lancar, namun Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso menegaskan, untuk tahun pelajaran 2013, nilai ujian nasional (UN) tetap dipakai sebagai syarat perlu bagi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi. Dengan porsi 60 persen, nilai UN sebagai integrasi vertikal dari jenjang menengah atas ke perguruan tinggi harus ada.

Berdasarkan jadwal yang dilansir Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebagai penyelenggara UN, pengumuman kelulusan peserta UN jenjang SMA/MA/SMK sederajat akan dilakukan pada 24 Mei 2013. Sedangkan pengumuman kelulusan peserta UN SMP/MTs/SMPLB, dan Paket B pada tanggal 1 Juni 2012.



Dalam kesempatan itu juga, Mendikbud Prof. DR. H. Muhammad Nuh, DEA mengatakan bahwa pelaksanaan UN masih dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan kelulusan siswa. Pasalnya, UN bisa dijadikan media untuk memetakan kondisi pendidikan sampai ke tingkat satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kisi-kisi pelajaran. Nantinya data yang diperoleh melalui UN tersebut akan disampaikan ke sekolah untuk dilakukan intervensi.

Setelah ujian SMA/MA dilaksanakan maka panitia melaksanakan serangkaian kegiatan mulai dari pemindaian hasil UN 2013 s.d. pengumuman hasil ujian nasional. Berikut ini kami sampaikan ilustrasinya:


Kegiatan Lanjutan dan Pengumuman UN SMA/MA 2013


No.Kegiatan Penanggung JawabTanggal
1 UN Susulan SMA/MA, SMK, dan SMALB Penyelenggara UN Satuan Pendidikan 22 April 2013 – 25 April 2013
2 Pemindaian SMA/MA, SMK, Program Paket C dan Program Paket C Kejuruan Perguruan Tinggi Negeri Koordinator UN 15 April-2 Mei
3 Pengiriman hasil pemindaian SMA/MA dan SMK ke Pusat Perguruan Tinggi Negeri Koordinator UN 3 Mei 2013
4 Verifikasi dan penskoran nilai SMA/MA, SMK, dan SMALB di Pusat Penyelenggara Pusat 4-20 Mei 2013
5 Pengiriman nilai SMA/MA dan SMK dari Pusat ke Perguruan Tinggi Penyelenggara Pusat 21 Mei 2013
6 Pencetakan dan distribusi DKHUN SMA/MA dan SMK oleh Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Negeri Koordinator UN 22-23 Mei 2013
7 Pengumuman Kelulusan SMA/MA, SMK dan SMALB di satuan pendidikan Penyelenggara UN Satuan Pendidikan 24 Mei 2013
8 Mencetak dan mendistribusikan blangko surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) ke provinsi dan luar negeri Penyelenggara Pusat --
9 Pengisian dan distribusi SKHUN SMA/MA, SMK dan SMALB oleh Dinas Pendidikan Provinsi Dinas Pendidikan Provinsi 25 Mei-7 Juni

Wakil Presiden RI Boediono juga mengatakan bahwa ujian nasional (UN) masih dibutuhkan untuk menguji kemampuan siswa dalam penguasaan terhadap mata pelajaran. Pemberlakuan UN di Indonesia bukanlah sesuatu yang baru, soalnya sejak 2.500 tahun, Konfusius, filsuf dari Tiongkok sudah memperkenalkan sistem ujian bagi siswa yang sekolah. Ujian nasional (UN) menjadi sarana dan alat bagi siswa untuk mengukur kemampuan dan hasil belajarnya selama ini.

Demikian jadwal pengumuman UN SMA/MA 2013 kami sampaikan, semoga bermanfaat dan semoga sukses UN 2013 bagi siswa dan panitia penyelenggara. Amin Ya Rabbal Alamin!

Sumber:
- Kemdikbud
- Bsnp



Jadwal Pengumuman Ujian Nasional 2013

0 comments
Dengan berbagai kekurangannya harus kita akui bahwa pelaksanaan Ujian Nasional Tahun pelajaran 2012/2013 berjalan cukup baik. Kegiatan tahunan untuk mengevaluasi hasil pendidikan di berbagai jenjang pendidikan tersebut, sempat diperdebatkan karena dianggap kacau. Kekacauan mana ditandai dengan pelaksanaan UN SMA/MA/SMK/sederajat yang diundur di beberapa propinsi di Indonesia Tengah. Secara normal, UN SMA/MA/SMK sederajat dan Paket C dijadwalkan oleh Pemerintah mulai tanggal 15 April s.d. 18 April 2013.

Meski diwarnai kekacauan di mana-mana, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjamin penundaan Ujian Nasional (UN) 2013 di 11 provinsi tidak berpengaruh pada jadwal pengumuman hasil UN.




Sesuai jadwal yang telah disusun Kemdikbud, hasil UN tingkat SMA/SMALB/MA dan SMK akan dumumkan pada 24 Mei 2013. Sementara UN SMP/SMPLB dan MTs diumumkan 1 Juni 2013, serta UN SD/SDLB/MI tanggal 8 Juni 2013.

Berikut kami sampaikan Jadwal Ujian dan Jadwal Pengumuman hasil Kelulusan UN 2013, selamat menyimak!


Jadwal Pengumuman


No.Jenjang Jadwal Pengumuman
1 SMA/MA/SMK 24 Mei 2013
2 SMP/MTs 1 Juni 2013
3 SD/MI 8 Juni 2013
4 Program Paket --

Staf Ahli Mendikbud bidang komunikasi publik, Sukemi menyebutkan, pemindaian dan penilaian kunci jawaban UN tingkat SMA akan dilakukan di Perguruan Tinggi (PT) yang telah ditentukan. Pengumuman hasil penilaiannya, tambah Sukemi, walaupun ada pegeseran jadwal pelaksanaan UN tingkat SLTA, dia menjamin pengumumannya tidak ikut diundur. Jadwal pengumuman tidak akan begeser. Itu jaminan yang diberikan oleh BSNP, tegasnya.

Demikian info Jadwal Pengumuman Ujian Nasional tahun pelajaran 2012/2013 bagi jenjang SD/MI, SDLB, dan Paket A, jenjang SMP/MTs, SMPLB dan Paket B, jenjang SMA/MA/SMK, SMALB, dan Paket C kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!

Sumber:pengumumanun.com


Arsip Website

 
UN 2013 © 2011 Schools Directory & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends