Thursday, January 3, 2013

Kisi-kisi UN Paket 2013

0 comments

Ujian nasional program paket atau program kesetaraan meliputi baik Program Paket A, Paket B, atau program Paket C setara SMA/MA dan Kejuruan. UN Paket A, B, dan C digelar untuk membantu masyarakat yang tidak dapat menyelesaikan sekolahnya karena sesuatu hal. Terkadang ada sementara keraguan bahwa lulusan paket C tidak mempunyai hak yang sama dengan lulusan SMA pada umumnya. Tetapi kenyaataan di masyarakat hegemoni kelulusan Ujian Nasional SMA/MA, SMP/MTs, UASBN SD/MI dan SMK yang tinggi, tidak memudarkan pamor Pendidikan Kesetaraan Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah, karena Ujian Nasional Paket C memiliki hak eligibilitas yang sama, sehingga tak perlu diragukan lulusannya dan dapat diterima di perguruan tinggi dan pada Seleksi CPNS / Casn.


Update:


Alhamdulillah Peraturan POS UN 2013 sudah diberikan oleh Pemerintah. Untuk mengunduhnya anda bisa mengakses halaman ini, terima kasih, semoga sukses, Amin Ya Rabbal Alamin!

Untuk penyelenggaraan UN Paket tahun 2013, kisi-kisinya telah terbit dan bisa diperoleh dari situs ujian nasional ini.

Kisi-kisi soal UN paket A, B, dan C tahun pelajaran 2013/2013 yang dimaksudkan, disusun berdasarkan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang tercantum pada peraturan Mendiknas No. 22/2006 tentang Standar Isi untuk pendidikan dasar dan menengah. Kisi-kisi dimaksud berlaku untuk satuan pendidikan / jenjang pendidikan, sebagai berikut :

  1. Program Kejar paket A : Setara Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  2. Program Kejar paket B : Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsnawiyah (MTs)
  3. Program paket C : Setara Sekolah Menengah Atas (SMA) / Madrasah Aliyah (MA))
  4. Program paket C : Kejuruan (SMK)

Kisi-kisi soal UN 2013 diharapkan bisa dijadikan acuan dalam penyusunan soal ujian nasional pada satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2012/2013.

Berikut kami sampaikan kisi-kisi Ujian nasional program Paket 2013 Lengkap, silakan dipelajari :

  1. Download Kisi-kisi UN program Paket A, B, dan C Tahun 2013
  2. Download SK Bsnp tentang Kisi-kisi

Kelulusan program pendidikan kesetaraan Paket C memiliki hak eligibilitas atau hak memperoleh hasil dan kesempatan belajar yang sama atau setara dengan pendidikan formal dalam memasuki lapangan kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Karena itu, setiap lembaga diminta untuk mematuhi ketentuan perundang-undangan tersebut di atas.

Hal itu, agar tidak diindikasikan melanggar hak azasi manusia. Karena setiap warga negara berhak untuk memperoleh pendidikan yang layak, sehingga semuanya bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar dan bekerja.

Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menganut sistem multi entry-exit. Dalam pasal 26 ayat 3 disebutkan bahwa pendidikan kesetaraan adalah program pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidkan umum setara SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA yang mencakup proram Paket A, B dan C. Semoga pelaksanaan ujian nasional Program paket berjalan dengan sukses, Amin Ya Rabbal Alamin!

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
UN 2015 © 2011 Schools Directory & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends